Kenalin Nih AAC yang Akan Menggantikan MP3, Dengerin Musik Lebih Mantap!

Motion Picture Experts Group Audio Layer 3 (MPEG-2 Audio Layer 3) atau yang lebih dikenal dengan format MP3 adalah format musik yang sudah dikembangkan sejak tahun 80an hingga saat ini. Format musik yang satu ini terbilang canggih karena bisa menggantikan peran kaset untuk penyimpanan musik yang terlalu ribet.


Format MP3 ini dikembangkan oleh The Fraunhofer Institute dari Jerman dan sudah lebih dari 27 tahun menjadi salah satu pilihan yang bagus.

Namun kabar terbaru menyebutkan bahwa lisensi MP3 akan segera dihapuskan dan diganti dengan format baru yang lebih keren dan bagus. Namanya adalah AAC (Advance Audio Coding), salah satu format musik yang dikembangkan oleh AT&T Bell Labs, Dolby, Sony dan Nokia.

Banyak yang mengira bahwa AAC dikembangkan oleh Apple, mungkin karena mereka yang memakainya terlebih dahulu, namun sebenarnya format musik ini buatan banyak perusahaan besar dunia. Format ini juga nyatanya bisa digunakan di perangkat lain tak hanya Apple saja kok.

Kelebihan AAC ketimbang MP3 adalah dalam ruang penyimpanan yang lebih irit, selain itu musik yang dihasilkan punya kualitas yang lebih bagus. Sepertinya format seperti ini juga akan melindungi hak cipta musik agar tidak terlalu disalah gunakan oleh orang tak bertanggung jawab.

Perkembangan musik memang selalu mengikuti teknologi, dulunya musik digunakan dengan piringan hitam, kaset pita, kaset CD, hingga format digital seperti yang ada di masa sekarang.

Sudah siap menggunakan format terbaru untuk mendengarkan musik kesayangan anda? Sebentar lagi akan banyak smartphone yang menggunakan format AAC ini loh.