Inilah 13 Derby Terpanas dan Terbesar Dalam Sepakbola

Sepakbola bukan hanya pertandingan 11 pemain melawan 11 pemain musuh, namun melibatkan pelatih, official tim, dan juga pendukung setia yang jumlahnya sangat banyak. Dalam dunia sepakbola, kita mengenal istilah derby, dimana 2 klub dari kota yang sama harus saling bunuh di atas rumput hijau.


Laga derby bukan sekedar sepakbola karena sering dibumbui dengan kerusuhan antar pemain bahkan penonton. Harga diri lebih utama dibandingkan dengan prestasi dalam sebuah laga derby, hal itu pula yang membuat banyak derby yang terkesan timpang namun tetap memberikan pertandingan yang sengit.

Berikut ini adalah laga derby terpanas dan terbesar dalam jagat sepakbola dunia :

1. Celtic vs Rangers (Glasgow, Skotlandia)
Laga antara Glasgow Celtic vs Glasgow Rangers bukan hanya sekedar tentang sepakbola, namun melibatkan agama (katolik vs protestan) dan juga politik (Irlandia Utara vs Inggris). Laga ini seperti sebuah perang yang terkadang menyisakan keributan baik di dalam maupun di luar stadion.

2. River Plate vs Boca Junior (Buenos Aires, Argentina)
Laga emosional yang melibatkan strata ekonomi masyarakat Argentina, tak jarang laga ini membuat polisi kewalahan karena banyaknya suporter yang melakukan kerusuhan.

3. Benfica vs FC Porto (Portugal)
Meski bukan dari 1 kota, namun laga ini dipandang sebagai sebuah derby yang sangat panas karena keduanya saling sikut dalam perebutan prestasi di Portugal maupun di Eropa.

4. Galatasaray vs Fenerbahce (Turki)
Laga penuh gengsi antara tim rakyat Jelata yang diwakili oleh Fenerbahce dan tim kepunyaan orang kaya yang diwakili Galatasaray, derby ini sangat terkenal di dunia.

5. Real Madrid vs Atletico Madrid (Madrid, Spanyol)
Rival Madrid bukan hanya Barcelona, tim sekotanya yaitu Atletico Madrid adalah musuh sebenarnya yang sering merepotkan dan memanaskan suasana meski sampai saat ini Madrid lebih unggul dalam segala hal.

6. AS Roma vs SS Lazio (Roma, Italia)
Derby della Capitale selalu menyuguhkan kejutan, bentrok suporter dan keributan antar pemain merupakan hal yang sering terjadi dalam laga ini.

7. Liverpool vs Everton (Liverpool, Inggris)
Sungai Merseyside menjadi pemisah kedua tim, derby ini merupakan salah satu yang paling kotor karena menghasilkan kartu merah terbanyak dalam laga di EPL.

8. Inter Milan vs AC Milan (Milan, Italia)
Derby Della Madonnina adalah derby yang paling dikenal di dunia, kedua tim penuh sejarah ini berbagi stadion yang sama, namun keduanya juga punya rivalitas yang sangat tinggi.

9. Tottenham Hotspurs vs Arsenal (North London, Inggris)
Mereka bersaing untuk berada di atas papan klasemen, bukan dari klub lain namun dari rival sekota ini. Jika ada yang terpuruk maka suporter akan menghina habis-habisan lawannya.

10. Manchester United vs Manchester City (Manchester, Inggris)
Derby termahal di dunia karena keduanya merupakan tim kaya raya, namun di laga derby ini sering terjadi kejutan dan kericuhan yang membuatnya semakin panas.

11. Barcelona vs Espanyol (Cataluna, Spanyol)
Mereka berasal dari Catalan, meski prestasinya sangat timpang namun dalam laga derby selalu menyisakan keributan dan tensi tegang antar kedua tim.

12. Dynamo Moskow vs Spartak Moskow (Moskow, Rusia)
Derby yang satu ini dianggap sebagai yang tertua di Rusia, bahkan dunia. Tak banyak yang diperebutkan kecuali gengsi, hal ini ditambah banyaknya hooligan dari kedua tim yang sering ricuh.

13. Juventus vs Torino (Turin, Italia)
Derby yang satu ini juga terbilang timpang, namun terkadang Torino bisa menyulitkan Juve dalam perebutan scudeto Serie A. Derby ini juga terbilang panas karena kedua suporter masing-masing sangat fanatik pada klubnya.