Bahasa Pemrograman Lebih Penting Ketimbang Bahasa Inggris, Benarkah?

Perubahan jaman benar-benar sangat cepat tak terbendung lagi di saat ini, banyaknya teknologi terbaru membuat orang-orang yang terlambat belajar akan ketinggalan jaman. Saat ini era digital dimana banyak sekali teknologi terbaru yang ada di dunia, hal tersebut menandakan berakhirnya era globalisasi dimana orang dari seluruh dunia bisa berhubungan dan bahasa yang saling dimengerti, yaitu bahasa Inggris.


Nah menurut CEO Apple, Tim Cook, saat ini bahasa Inggris sudah kalah dibandingkan dengan bahasa pemrograman. Hal itu dia katakan karena kebutuhan untuk orang-orang yang paham dengan bahasa pemrograman semakin tinggi, sedangkan kebutuhan untuk orang-orang yang mahir bahasa Inggris, Spanyol, perancis, dan lain sebagainya semakin menurun.

Perusahaan teknologi besar di dunia macam Apple, Google, Facebook, Twitter, Microsoft, dan lain sebagainya tidak terlalu membutuhkan orang-orang yang mahir bahasa Inggris. Mereka lebih banyak mempekerjakan orang-orang yang paham dengan bahasa pemrograman.

Hal ini mungkin saja benar karena kebanyakan produk perusahaan digital itu memang berhubungan dengan program, namun bagi perusahaan lain yang lebih fokus ke jalinan komunikasi mungkin saja masih membutuhkan bahasa Inggris.

Saya sendiri pernah belajar beberapa bahasa pemrograman seperti bahasa C, bahasa visual basic, pemrograman HTML, pemrograman web PHP, dan lain sebagainya. Mungkin saya tidak terlalu menguasainya, namun saya agaknya sedikit paham dengan bahasa seperti itu.

Bahasa Inggris masih penting namun tak sepenting dulu lagi karena perkembangan jaman yang memaksa banyak orang tahu dan paham dengan bahasa pemrograman di masa sekarang ini.

Saran saya sebaiknya sedikit demi sedikit anda yang masih muda mulai mempelajari bahasa Inggris dan bahasa pemrograman karena suatu saat akan berguna untuk kemajuan anda di masa depan.