Daftar 10 Pengusaha Muslim Terkaya Di Dunia

Orang kaya di dunia saat ini bukan lagi sosok raja yang memimpin kerajaan atau negara besar di dunia, namun mereka kaya raya karena bisnis yang besar dan berkembang pesat sehingga menghasilkan pundi-pundi kekayaan ke dalam kantong pribadi mereka.


Beberapa tahun terakhir ini, kebanyakan miliarder di dunia berasal dari Amerika dan Eropa yang beragama selain Islam. Namun ternyata ada sekitar 112 pebisnis sukses di dunia ini yang masuk dalam jajaran orang terkaya versi Forbes, dan mereka adalah seorang muslim yang tentu saja memiliki aturan Islam dalam mengelola bisnisnya karena harus memisahkan yang halal dan haram.

Berikut ini adalah ranking 10 pengusaha muslim terkaya di dunia :

10. Syed Mukhtar al-Bukhari
Orang Malaysia ini memiliki kekayaan mencapai $3,1 dari bisnis investasinya. Yang unik dari sosok pribumi Melayu asli ini adalah bahwa dia tak pernah mengenyam pendidikan seperti para sarjana lainnya, dia juga berasal dari keluarga sederhana. Hal ini membuktikan bahwa orang kaya bukan hanya dari kaum terpelajar dan keturunan bangsawan, semua orang berhak untuk menjadi jutawan.
 
9. Najib Mikati
Miliarder Lebanon dengan kekayaan $3,2 miliar ini adalah pemilik Telecoms yang belum lama ini dijual. Bisnis investasinya telah membuatnya menjadi orang kaya raya, bahkan dia sempat menjabat menjadi perdana menteri Lebanon sebelum akhirnya mengundurkan diri karena konflik dengan Suriah pada masa itu.
 
8. Shahid Khan
Pria keturunan Pakistan yang berdomisili di Amerika ini punya kekayaan $4,5 dari bisnis manufaktur. BTW orang yang satu ini adalah pemilik dari tim sepakbola Inggris, Fulham FC.
 
7. Sulaiman Kerimov
Muslim yang satu ini tinggal di Rusia, menjadi pengusaha dan politisi, dan dia menjadi salah satu orang terkaya dengan jumlah harta mencapai $6,2 miliar berkat bisnis investasi yang dijalankannya.
 
6. Mohammad Bi Essa Al Jaber
Kalau anda berfikir bahwa saudagar Arab mendapat kekayaannya hanya dari minyak, maka orang ini akan mengagetkan anda. Pasalnya pria dengan kekayaan mencapai $7 miliar ini mendapat kekayaan dari bisnis real estate dan hotel.
 
5. Iskander Mukhmodov
Minyak dan Investasi adalah 2 bisnis yang membuatnya mendapat kekayaan hingga $8,2 miliar. Dia adalah keturunan Uzbekistan yang lahir di Rusia dan kini menjadi salah satu muslim terkaya.
 
4. Mohammed Al Amoudi
Minyak dan Investasi juga membuat pria Arab yang satu ini menjadi miliarder. Total kekayaannya mencapai $13 miliar, menguasai sebagian besar bisnis di Ethiopia dimana banyak rakyat menderita kelaparan di sana.
 
3. Azim Premji
Wipro Limited adalah perusahaan software asal India yang cukup terkenal, kekayaannya mencapai $17,5 miliar yang membuatnya menjadi orang terkaya di India.
 
2. Aliko Dangote
Penguasa Komoditi di Nigeria ini punya kekayaan mencapai $18,3 miliar. Selain di Nigeria, bisnisnya juga bergerak di beberapa negara lain di Afrika.
 
1. Prince Al-Waleed Bin Talal Alsaud
Miliarder asal Arab ini menjadi muslim terkaya di dunia saat ini, bisnis investasinya telah memberikannya kekayaan hingga $21,8 miliar. Perusahaan Kingdom Holding miliknya menguasai perbankan, hotel, media massa, hiburan, dan teknologi.