Orang Terkaya Di Arab yang Punya Banyak Saham Di Perusahaan Ternama

Pangeran Alwaleed Bin Talal Alsaud menjadi orang Arab Saudi paling kaya raya versi majalan forbes. Kekayaannya mencapai Rp 248,7 triliun (tidak ada seperempat kekayaannya bill gates) yang merupakan hasil dari berbagai bisnis yang dia jalankan selama ini.


Alwaleed merupakan salah satu keturunan dari keluarga kerajaan Arab Saudi, namun di masa kecilnya, dia adalah salah satu anak nakal yang sering membantah orang tua dan kabur dari rumahnya. Bahkan, dia sering kabur di malam hari dan tidur di dalam mobil orang lain.

Karena kenakalannya itu, ayahnya mengirim dia ke sekolah militer agar lebih disiplin dan menuruti aturan yang ada. Setelah lulus dari pendidikan militer, Alwaleed sempat belajar di Amerika hingga tahun 1970 sebelum akhirnya meneruskan bisnis warisan keluarganya.

Sebelumnya Alwaleed menjalankan bisnis minyak, namun ketika harga minya turun, maka dia beralih ke bisnis lainnya yang lebih menguntungkan. Perusahaan perbankan United Saudi Commercial Bank dia beli dan membuatnya semakin kaya raya hingga saat ini.

Selain perbankan, Alwaleed juga punya bisnis real estate dan hiburan di Arab saudi, sedangkan di luar negeri dia punya bisnis hotel dan lainnya.

Orang terkaya di Arab Saudi ini dikatakan memiliki banyak saham investasi melalui perusahaan investasinya yang bernama Kingdom Holding. Dia punya saham di perusahaan besar dunia, diantaranya adalah Twitter, eBay, Lyft, Apple, Marvel Comics, Hotel Four Seasons, Citigroup, Coca-Cola, PepsiCo, McDonald's, dan lain-lain.

Seperti orang kaya lainnya, dia juga punya banyak koleksi mahal yang menemani hidupnya, diantaranya adalah Yacht atau kapal pesiar bernama Kingdom 5KR dan pesawat pribadi super mewah yang harganya Rp 3 triliun dan dia punya 2 pesawat.