10 Air Terjun Paling yang Indah Namun Berbahaya dan Mengerikan Di Dunia

Air terjun merupakan salah satu keindahan alam yang banyak diburu oleh manusia, meski terkadang jaraknya jauh dengan melewati berbagai medan yang sulit. Keindahannya yang alami membuat banyak orang terpukau dengan ciptaan Tuhan yang satu ini, bahkan terkadang air terjun dijadikan sebagai salah satu tempat untuk melakukan berbagai hal yang ekstrim.


Di dunia ini terdapat banyak aliran sungai yang menciptakan air terjun alami, banyak sekali air terjun yang ada di dunia dengan berbagai ketinggian dan keindahan alamnya masing-masing. Meski begitu, ternyata ada beberapa jenis air terjun yang sangat berbahaya dan mengerikan karena ketinggiannya dan berbagai hal di sekitarnya.

Berikut ini adalah 10 air terjun paling mengerikan dan berbahaya yang ada di dunia :

1. Air terjun Niagara
Air terjun yang terletak di antara New York (USA) dan Ontario (Kanada) ini memiliki penurunan air vertikal hingga 50 meter, meski tak terlalu tinggi namun airnya deras dan sungainya sangat luas, air terjun ini sangat berbahaya dan tidak disarankan ada di sekitarnya apalagi untuk terjun ke dalamnya.

2. Angel Falls
Air terjun Angel ditemukan oleh pilot James Crawford Angel pada tahun 1963. Air terjun ini berada di venezuela dengan ketinggian 979 meter, dengan curah air terjun yang tinggi dan bebatuan tajam di sekitarnya. Dengan ketinggian hampir 1 ribu meter, ini merupakan salah satu air terjun paling berbahaya di dunia.

3. Tugela Falls
Air terjun yang berada di Afrika Selatan ini punya ketinggian 948 meter, dan merupakan air terjun tertinggi kedua di dunia. Pemandangan alamnya sangat indah dengan pelangi yang kadang nampak di sekitarnya, namun sayangnya keadaan alam yang curam membuat air terjun ini sangat berbahaya.

4. Air terjun Gosta Cataracts
Air terjun ini berada di negara Peru, dengan ketinggian 771 meter dan terbelah jadi 2 air terjun yang indah. Deburan air dari air terjun ini menyebar hingga beberapa kilometer di sekitarnya, membuktikan kekuatan air yang sangat berbahaya.

5. Air terjun Ramnefjellsfossen
Norwegia juga punya air terjun dengan ketinggian 818 meter, debit airnya sangat besar mengalir ke danau Lovatnet, meski indah namun air yang besar membahayakan dan mengerikan karena bisa menyeret berbagai material besar yang terbawa arus.

6. Air Terjun Mongefossen
Selain Ramnefjellsfossen, Norwegia juga punya air terjun Mongefossen yang tingginya 773 meter. Dulunya aliran airnya sangat deras, namun kini banyak digunakan untuk pembangkit listrik, bahkan di musim panas airnya tidak mengalir. Masih ada beberapa wisatawan yang nekad terjun dari atas, padahal air terjun ini sangat tinggi dan penuh dengan batu tajam.

7. Yosemite Falls
Air terjun ini ada di Amerika serikat, menjadi salah satu primadona bagi para traveler dunia. Keindahan lembah di sekitarnya dan alam yang masih terjaga menarik perhatian dunia. Tingginya 739 meter dengan aliran air yang deras menyebabkan percikan air yang indah namun mengerikan.

8. Mutarazi Falls
Zimbabwe punya air terjun yang cantik, tingginya 762 meter dan menarik perhatian para wisatawan asing. Meski banyak orang yang menggunakannya untuk terjun bebas, namun ketinggiannya tetap berbahaya.

9. Air terjun Pearl
China juga punya air terjun yang unik, bentuknya bertingkat dan terlihat sangat indah. Terletak di taman nasional Jiuzhaigou yang terkenal dengan danau-danaunya yang indah, meski lama-kelamaan tercemar karena ulah manusia.

10. Air terjun Maletsunyane
Terletak di Lesotho, Afrika. Tingginya 192 meter dengan pemandangan yang sungguh menakjubkan dan alami. Sayang tempatnya masih terpencil dan susah diakses, sehingga butuh perjuangan untuk sampai ke sini.