Inilah 10 Laba-Laba Paling Beracun Di Dunia yang Mengerikan

Laba-laba merupakan salah satu serangga yang berbeda dari yang lain, serangga biasanya memiliki 6 kaki namun berbeda dengan laba-laba yang punya 8 kaki. Laba-laba sendiri satu kelas dengan serangga lain seperti kalajengking, tungau, dan caplak yang memiliki lebih dari 3 pasang kaki. Laba-laba sendiri berbeda dengan tarantula, meski bentuk mereka sama namun sebenarnya kelas mereka berbeda.


Laba-laba sendiri sudah berevolusi lebih dari 380 juta tahun lamanya dan mereka tersebar di hampir seluruh dunia dengan berbagai jenisnya. Beberapa laba-laba tidak terlalu berbahaya bagi manusia, namun ada sebagian laba-laba yang memiliki bisa beracun dan sangat berbahaya, bahkan bisa menyebabkan kematian kepada manusia atau hewan besar lainnya.

Dan sebagai tambahan informasi agar anda tidak berurusan dengan mereka, inilah 10 laba-laba paling beracun yang ada di dunia ini :

1. Laba-laba kantung kuning (Yellow Sac Spiders)
Laba-laba yang tersebar di sebagian wilayah Amerika, Australia, Jepang, dan Eropa ini merupakan salah satu laba-laba yang memiliki bentuk cukup kecil dengan ukuran setengah inci saja. Warnanya kuning pucat dan mudah dikenali dengan kantung yang ada pada tubuhnya.

Salah satu fakta yang mengejutkan dari laba-laba kantung kuning ini adalah mereka menyukai bau bensin, dan hal tersebut menjadi masalah ketika sekawanan laba-laba ini membuat jaring di sistem emisi mobil. Hal ini pernah terjadi pada tahun 2015 dan membuat produsen mobil Mazda cukup kerepotan.

Laba-laba kantung kuning memiliki racun yang cukup berbahaya, karena gigitannya bisa menyebabkan bengkak kemerahan yang cukup gatal dan panas, untungnya belum ada kasus kematian karena gigitan laba-laba kantung kuning ini.

2. Laba-laba False Widow (Janda salah)
Laba-laba yang membuat geger warga Inggris ini memiliki racun yang cukup ampuh dan menakutkan, karena efek gigitannya bisa menyebabkan bengkak sebesar bola tenis, menginfeksi saluran darah dan menurunkan daya tahan tubuh. Pernah ada kasus kematian karena gigitan laba-laba false widow ini, namun masih diragukan karena para peneliti menyatakan bahwa racun laba-laba ini tidak menyebabkan kematian pada manusia.

3. Laba-laba Pertapa Coklat (Brown Recluse Spider)
Ada 2 kasus kematian yang terjadi karena gigitan laba-laba pertapa ini, dan racun yang terkandung di dalam tubuhnya cukup kuat untuk membuat bekas gigitannya berubah warna dan membuat korban merasakan sakit. Laba-laba yang ada di daerah Amerika Utara ini ukurannya sebesar koin saja, namun efek racunnya luar biasa besarnya.

4. Laba-laba Punggung Merah (The Redback Spiders)
Laba-laba yang mirip seperti janda hitam ini ada di Australia dan memiliki racun yang cukup menakutkan. Efek gigitannya bisa menyebabkan pusing, mual, dan muntah-muntah. Sebelumnya ada beberapa kasus kematian karena gigitan laba-laba punggung merah, namun setelah ditemukan antibiotik, akhirnya para korban bisa segera diselamatkan.

5. Laba-laba Pengembara Brasil (Brazilian Wandering Spiders)
Laba-laba yang ditemukan di daerah Brazil ini memiliki kebiasaan yang berbeda dari jenisnya, mereka tidak menangkap mangsa dengan jaringnya namun langsung menyerangnya, sehingga membuat laba-laba ini menjadi yang paling ganas.

Racun laba-laba pengembara brazil ini pernah membunuh 10 orang, efek gigitannya akan membuat sensasi terbakar, tekanan darah meningkat dan menurun dengan cepat, mengganggu detak jantung, mual, kram perut, penglihatan kabur, hipotermia, vertigo, keringat berlebih, dan yang lebih berbahaya adalah efek racun yang bisa membuat ereksi berkepanjangan yang sangat menyakitkan tentunya.

6. Laba-laba Janda Hitam (The Black Widow Spider)
Laba-laba ini tersebar di seluruh dunia, dan yang unik adalah setelah masa perkawinan, si betina yang ukurannya lebih besar akan memakan sang jantan, itulah kenapa laba-laba janda hitam. Mereka punya ukuran yang cukup besar dan mudah dikenali.

Racun laba-laba janda hitam dikatakan 15 kali lebih kuat dibanding gigitan ular berbisa, jika terkena gigitannya maka akan membuat nyeri yang luar biasa, menyebabkan kram otot, sesak nafas, kejang hebat, dan bisa menyebabkan kelumpuhan bahkan kematian.

7. Laba-laba janda Coklat (The Brown Widow Spider)
Laba-laba yang sangat mirip dengan janda hitam, namun memiliki racun yang lebih kuat dan berbahaya untuk manusia. Meski sebenarnya tidak ada kasus kematian karena gigitan laba-laba ini, namun efek gigitannya sangat menyakitkan karena seakan dipukul dengan beton, jadi bisa anda bayangkan sendiri bagaimana menakutkannya racun laba-laba ini.

8. Laba-laba Corong Sydney (The Sydney Funnel-Web Spider)
Laba-laba yang ada di Australia ini memiliki bisa yang menakutkan karena gigitannya bisa menyebabkan korbannya mati rasa dan kehilangan kesadaran, jika dalam 15 menit tidak menerima perawatan yang tepat maka bisa jadi penyebab kematian karena gigitan tersebut. Tercatat ada 13 kasus kematian karena gigitan laba-laba ini, dan untungnya laba-laba ini tidak ada di Indonesia.

9. Laba-laba pasir mata enam (Six-eyed Sand Spider)
Laba-laba yang ada di Afrika selatan ini bersembunyi dengan menguburkan dirinya di dalam pasir sambil menunggu mangsa. Jika terkena gigitannya, maka racun itu akan langsung tersebar ke dalam tubuh dan menyerang organ dalam seperti hati dan ginjal. Dikatakan racun laba-laba ini sangat mematikan untuk manusia dan mamalia lainnya.

10. Laba-laba Tikus (Mouse Spiders)
Laba-laba yang ada di sekitar Australia dan selandia baru ini memiliki bisa yang cukup berbahaya karena bisa menyebabkan rasa sakit yang begitu hebat. Selain racunnya yang berbahaya, toh nyatanya bentuknya yang mirip tikus dengan lari yang kencang juga sangat menakutkan bagi orang yang melihat laba-laba jenis ini.