Daftar 10 Negara Superpower/Adikuasa Di Dunia Saat Ini

Negara superpower atau adikuasa adalah negara yang memiliki kekuasaan lebih dalam politik di dunia ini, setidaknya dengan syarat memiliki teknologi canggih, ekonomi yang maju, sumber daya alam dan manusia yang banyak serta berkualitas.


Banyak negara yang berlomba-lomba agar bisa menjadi penguasa di dunia saat ini, dan Amerika Serikat digadang-gadang sebagai satu-satunya negara adikuasa yang saat ini belum bisa dikalahkan oleh negara lainnya. Namun sepertinya posisi ini akan segera digeser oleh negara lainnya yang juga punya potensi besar untuk menjadi negara superpower saat ini.

Berikut ini adalah 10 negara superpower atau adikuasa yang ada di dunia saat ini :

10. Brazil
Negara yang dikenal karena sepakbola dan kopinya ini memiliki luas wilayah yang cukup besar dan subur penuh dengan sumber daya alam yang melimpah.

Pertumbuhan ekonomi Brasil merupakan salah satu yang paling tinggi ketimbang negara lainnya, tentunya Brazil memiliki peluang besar untuk bisa menjadi negara adikuasa jika bisa memaksimalkan faktor teknologi dan SDA di dalamnya.

9. India
India merupakan salah satu kekuatan baru di dunia ini, mereka sukses dengan beberapa teknologinya yang bisa diterima di dunia ini.

India merupakan negara yang punya tingkat pertumbuhan ekonomi yang tinggi, bahkan negara ini sudah punya kekuatan nuklir dan berbagai teknologi yang canggih.

Salah satu kelemahan India adalah sumber daya manusia yang masih kalah bersaing dengan negara lainnya, namun mereka terus memperbaikinya.

8. Jerman
Negara yang sempat hancur karena perang dunia 2 ini ternyata mampu bangkit dengan sangat cepat, kini Jerman dikenal sebagai salah satu negara dengan teknologi tercanggih yang ada di dunia.

Banyak sekali produk buatan Jerman yang laris manis di pasaran, hal ini membuat pendapatan mereka terus merangkak naik tiap tahunnya, apalagi ditambah dengan keadaan di negaranya yang aman dan tentram, Jerman adalah salah satu penguasa di Eropa yang sedang mengincar posisi puncak di dunia.

7. Jepang
Sama seperti Jerman, Jepang juga mengalami kekalahan pada perang dunia 2 yang menyebabkannya hampir bangkrut dan hancur. Namun pemerintah Jepang bisa bekerja keras dan bangkit dari keterpurukan yang ada.

Jepang memiliki orang-orang cerdas, sumber daya alam yang melimpah, dan teknologi yang canggih. Saat ini Jepang adalah salah satu pemimpin Asia yang tengah mengincar posisi sebagai pemimpin dunia.

6. Inggris
Negara ini adalah salah satu idaman para penduduk di dunia ini, karena di dalamnya terdapat berbagai hal yang membuat orang betah. Mulai dari keamanan tingkat tinggi, kesejahteraan, kemajuan teknologi, budaya yang mendunia, dan berbagai tempat yang hebat ada di dalamnya.

Inggris merupakan negara kaya raya yang memiliki banyak kekuasaan di dunia ini, bahkan Malaysia dan Australia juga berada di bawah kepemimpinan mereka secara tidak langsung.

5. Perancis
Kenapa banyak teroris yang mengincar Perancis akhir-akhir ini? Karena mereka memiliki kekuatan militer yang kuat dan hebat yang siap menghancurkan negara lainnya.

Perancis adalah salah satu negara tujuan wisata yang ada di dunia ini, mereka juga punya pendapatan ekonomi yang tinggi dan kehidupan rakyatnya terbilang sangat makmur.

4. Korea Selatan
Berbeda dengan Korea Utara yang komunis, Korea Selatan adalah negara dengan teknologi yang sangat maju seperti halnya Jepang. Bahkan saat ini Korea bisa bersaing dengan Jepang dalam hal teknologi.

Korea Selatan memiliki teknologi nuklir yang hebat dan diincar oleh Korut jika mereka perang, hal ini sangat ditakutkan oleh pemerintah Korea Selatan meski teknologi nuklir mereka sangat berharga dan bermanfaat.

3. China / Tiongkok
RRT atau RRC adalah sebuah negara yang sangat luas dengan penduduknya yang sangat banyak. Saat ini pertumbuhan ekonomi di China merupakan salah satu yang terbesar di dunia.

Ada sebuah pendapat yang menyatakan bahwa negara seperti Amerika saja takut kepada China, mereka punya militer yang kuat, teknologi canggih, dan tingkat ekonomi yang terus meningkat tajam, hal ini merupakan salah satu alasan yang menguatkan China sebagai negara adikuasa dunia.

2. Rusia
Rusia hanya kalah saing dengan Amerika saja, mereka bisa dibilang memiliki segalanya untuk menjadi negara superpower saat ini. Rusia meneruskan perjuangan Uni Soviet yang dulu menjadi pesaing Amerika, saat ini militer Rusia adalah salah satu yang terkuat di dunia ini.

1. Amerika Serikat (USA)
Wilayahnya luas, SDA tinggi, teknologi maju, militer kuat, ekonomi yang makmur, dan Amerika adalah surga dunia yang sesungguhnya saat ini.

Banyak orang ingin tinggal di Amerika, dan negara ini sangat menjamin keamanan dan kemakmuran di dalam wilayahnya sendiri, mereka adalah penguasa saat ini dan belum terkalahkan oleh negara lainnya di dunia.