15 Hewan Paling Pintar Di Dunia yang Punya Tingkat Kecerdasan Mengagumkan

Hewan yang ada di dunia ini memiliki tingkat kecerdasan yang berbeda satu sama lainnya, namun meski begitu mereka tetap tidak memiliki akal yang sempurna seperti halnya manusia. Binatang-binatang ini menggunakan kecerdasan mereka untuk mencari makan, mencari pasangan, atau mencari kekuasaan terhadap koloninya sendiri.


Ada banyak sekali hewan yang ternyata memiliki otak cerdas di dunia ini, apa saja hewan-hewan itu? Berikut adalah daftarnya :

1. Simpanse
Hewan yang satu ini dianggap paling cerdas di dunia, mereka memiliki cara komunikasi dan memecahkan masalah dengan baik. Bisa dibilang kalau simpanse adalah hewan yang punya kehidupan modern dibanding hewan lainnya.

2. Lumba-Lumba
Binatang air ini bisa membuat bunyi unik untuk sekedar berkomunikasi, mereka bisa mengatur kelompoknya untuk berburu, dan lumba-lumba dapat memahami perintah manusia dengan baik.

3. Gajah
Gajah memiliki ingatan yang sangat kuat, mereka juga memiliki kebiasaan yang cukup unik dan menarik. Gajah merupakan salah satu hewan yang bisa bersahabat dengan manusia dan dapat diatur dengan baik.

4. Monyet Rhesus
Punya ingatan kuat, punya kecerdasan tinggi, dan punya kemampuan untuk merencanakan sesuatu adalah hal-hal yang membuat monyet yang satu ini dianggap sebagai salah satu hewan paling cerdas di dunia.

5. Tikus putih
Sebenarnya hampir semua jenis tikus memiliki kecerdasan yang tinggi, namun ternyata tikus putih adalah yang paling cerdas dan mereka sering digunakan dalam suatu percobaan oleh manusia.

6. Gagak
Burung paling cerdas di dunia ini mampu berhitung, membedakan bentuk, dan menggunakan berbagai peralatan yang diberikan kepadanya.

7. Semut
Semut adalah hewan yang kuat dan cerdas, mereka hidup berkelompok dan bisa berorganisasi dengan sangat baik, bahkan koloni semut merupakan salah satu yang terkuat di dunia ini.


8. Betet Abu-abu Afrika
Burung cerdas yang satu ini punya ingatan yang cukup kuat, mereka pintar menirukan suara apapun yang didengarnya, salah satunya adalah suara manusia.

9. Gurita
Gurita punya ingatan yang kuat, mereka bisa mengatur strategi, dan mereka adalah salah satu hewan laut yang jago dalam melakukan kamuflase

10. Ikan Paus
Ikan paus memiliki ingatan yang kuat, mereka mampu berkomunikasi dengan baik meski jaraknya jauh, dan mereka punya kelompok yang terorganisir

11. Babi
Meski terlihat kotor, ternyata babi memiliki tingkat kecerdasan yang cukup tinggi dan menurut penelitian, mereka lebih pintar ketimbang anjing sekalipun

12. Merpati
Burung yang setia ini punya kemampuan intelektual yang tinggi, ingatan mereka sangat kuat sehingga jika diterbangkan dari jarak jauh sekalipun, mereka bisa ingat rumahnya sendiri.

13. Tupai
Hewan lucu yang satu ini bisa beradaptasi dengan baik di dalam lingkungannya, mereka bisa hidup berdampingan dan suka menyimpan makanannya.

14. Anjing
Anjing termasuk dalam hewan yang cerdas di dunia ini, sehingga anjing banyak dilatih oleh manusia untuk berbagai hal, mereka bahkan dianggap sebagai sahabat terbaik manusia. Namun hati-hati juga karena anjing termasuk dalam 10 hewan paling mematikan di dunia ini.

15. Domba
Domba ternyata punya kemampuan mengingat yang cukup tinggi, hewan yang banyak dipelihara sebagai ternak ini bisa mengenali pemiliknya meski tidak bertemu dalam waktu yang lama.