Bersyukurlah, Indonesia Tidak Masuk Dalam 10 Negara Terkorup Di Dunia

Korupsi seakan menjadi sebuah momok yang sangat menakutkan di berbagai negara saat ini, banyak sekali kasus korupsi yang akhirnya menyengsarakan rakyat dan mengakhiri karier seorang pejabat kenamaan di negara tersebut. Kadang kala, korupsi menjadi sebuah warisan yang turun-temurun dan susah dihentikan, mata para koruptor agaknya sudah buta dengan uang dan jabatan.


Di Indonesia sendiri banyak sekali kasus korupsi yang terjadi, entah terkuak ataupun hilang tanpa penyelesaian yang jelas, nyatanya beberapa kasus korupsi yang terjadi di tanah air membuat rakyat semakin sengsara, dan kepercayaan rakyat kepada pemerintah menurun hingga tak jarang terjadi banyak demonstrasi besar-besaran sebagai gambaran ketidak puasan mereka.
Meski demikian, nyatanya Indonesia tidak termasuk dalam kategori 10 negara terkorup di dunia loh, kita sebagai rakyat tentunya wajib bersyukur karena masih ada pejabat yang bersih dan membela hak rakyat. Kinerja KPK juga sangat terasa untuk tameng penghentian kasus korupsi, bahkan sampai ke daerah pula kinerja KPK ini.

Menurut Liputan 6, ada 10 negara yang dinyatakan sebagai pemuncak dalam daftar negara paling korup di dunia ini, ke-10 negara tersebut adalah :
  1. Meksiko (dikenal juga sebagai negara dengan kriminalitas tertingi)
  2. Turki
  3. Italia (merambah ke dunia sepak bola pula dengan kasus Calciopoli)
  4. Yunani (korupsi merupakan salah satu penyebab bangkrutnya negeri para dewa ini)
  5. Slovakia
  6. Hungaria
  7. Korea Selatan (baru-baru ini bahkan Presiden Korsel didemo rakyatnya)
  8. Republik Ceko
  9. Slovenia
  10. Israel (negeri Zionis ini juga ternyata menjadi salah satu negara terkorup)
Entah mengapa di negara-negara maju masih banyak kasus korupsi yang terjadi, mungkin saja ini benar-benar sebuah warisan turun-temurun yang mendarah-daging pada para pejabatnya. Kebanyakan negara yang sedang berkembang ataupun negara miskin susah untuk bangkit karena kasus korupsi pula.