Kumpulan Informasi Lengkap Terkait Demo 4 November 2016

Nampaknya kasus penistaan agama yang dilakukan oleh gubernur DKI Jakarta nonaktif, Ahok, masih terus bergulir dan malah semakin meluas. Bukan hanya untuk kalangan muslim di Jakarta saja, kini kasus ini menyebar luas ke seluruh Indonesia, sebagian ormas Islam marah dengan ucapan yang dikeluarkan oleh Ahok tersebut.


Sebenarnya pihak kepolisian sudah menyatakan bahwa mereka sedang mendalami kasus penistaan agama ini, namun kebanyakan ormas Islam (khususnya FPI) tidak percaya dan bahkan ada beberapa pihak yang malah mengancam akan membunuh Ahok.

Sebelumnya, kasus ini juga menyeret MUI serta beberapa ulama lain di Indonesia yang juga ikut angkat bicara, bahkan di acara ILC yang diadakan di TV One malah membuat heboh lagi, hal itu karena Nusron Wahid yang membela Ahok dan terkesan keras, kelakuannya juga membuat kontroversi dan membuat beberapa ulama angkat bicara.
Sempat tak terlalu ramai diberitakan di media, nyatanya kasus ini masih terus berjalan dan bisa dibilang malah semakin ramai saja. Yang terakhir adalah adanya rencana demo yang akan diikuti oleh ormas Islam dan berkumpul di Jakarta untuk memaksa penangkapan Ahok atas tuduhan penistaan agama. Saya mencoba mengumpulkan beberapa informasi terkait rencana demo penangkapan Ahok yang akan dilaksanakan pada 4 November mendatang.

Penyebab demo 4 November 2016
Penyebab demo adalah ketidakpuasan beberapa pihak yang menilai polisi kurang serius menangani kasus Ahok, hal ini menjadi perdebatan yang cukup alot antara pihak kepolisian dan beberapa ormas Islam yang meminta Ahok dipenjarakan.

Tujuan diadakannya demo
Tujuan diadakannya demo 4 november sudah sangat jelas, kaum muslimin berkumpul di Jakarta menyuarakan permintaan mereka kepada pemerintah untuk menuntaskan kasus penistaan agama yang dilakukan oleh Basuki Thajaja Purnama atau Ahok.

Pihak terkait yang mengikuti demo
Secara khusus hampir semua ormas Islam ikut demo ini, mulai dari FPI, PBNU, pro MUI, ulama-ulama seperti AA Gym, dan lain sebagainya juga mengutarakan niatnya untuk mengikuti demo besar-besaran ini. Menurut kabar yang saya terima, diperkirakan akan ada sekitar 500 ribu peserta demo yang akan memperjuangkan kasus ini.

Respon pemerintah menanggapi demo 4 november
Presiden mempersilakan kalau rakyat mau demo karena itu hak mereka, namun presiden berharap agar tetap aman. Pihak kepolisian akan dibantu aparat TNI untuk mengamankan demo besar-besaran ini, bahkan beberapa anggota yang ada di luar Jakarta dipanggil untuk kembali ke DKI guna bersiap mengamankan demo ini.

Isu-isu yang tersebar di media mengenai demo 4 november
Banyak sekali isu dan gosip yang tersebar di media sosial, diantaranya adalah adanya pihak yang hendak menggagalkan rencana demo ini, lalu ada isu akan terjadi kerusuhan yang menakutkan, bahkan Habib Rizieq sendiri katanya menyuruh peserta demo untuk menuliskan surat wasiat untuk keluarganya, why?

Bagaimana kelanjutan kasus Ahok ini? Bagaimana jalannya demo 4 november? Bagaimana respon dari pemerintah setelah demo? Kita tunggu tanggal mainnya saja! Kita berharap agar tidak terjadi kerusuhan dan demo ini berjalan dengan damai dan masalahnya bisa diselesaikan sampai akhir dan adil.